FOI Bersama Temasek Foundation dan Bank DBS Indonesia Memberikan Bantuan Bagi Pekerja Harian Lepas dan Masyarakat yang Terdampak COVID-19

Hampir 70.000 paket makanan  disalurkan melalui Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan Food Bank of Indonesia (FOI)

Jakarta, 4 Juni 2020 – Temasek Foundation bergabung dengan Bank DBS Indonesia untuk mendistribusikan paket sembako dan makanan siap saji kepada pekerja harian lepas dan masyarakat kurang beruntung lainnya yang terkena dampak Covid-19. Niat baik Temasek Foundation untuk membantu pekerja lepas harian ini dijembatani oleh Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia.

Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Food Bank of Indonesia (FOI) dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). Bentuk bantuan yang disalurkan berupa 3.700 porsi makanan melalui FOI, dan 1.400 paket sembako atau setara dengan lebih dari 66.000 porsi makanan melalui KSBSI. Wilayah penyaluran bantuan mencakup Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat, di mana sebanyak lebih dari 200.000 orang berpotensi kehilangan pekerjaan.

“Singapura dan Indonesia tidak hanya sekedar bertetangga, tetapi juga sebagai negara bagian dari ASEAN dan G-20. Oleh karena itu, bahu-membahu untuk mengatasi pandemi Covid-19 adalah tanggung jawab bersama. Semoga bantuan ini semakin mempererat hubungan kedua negara, dan kedepannya kita dapat bangkit bersama-sama,” kata H.E Anil Kumar Nayar, Duta Besar Singapura untuk Indonesia.

Data Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) sampai pertengahan Mei lalu melaporkan bahwa terdapat sebanyak 1.770.913 pekerja baik formal dan informal yang dirumahkan akibat pandemi Covid-19, dimana pekerja informal sebagai kelompok pekerja yang terdampak paling parah. Kelompok ini terdiri dari berbagai profesi yang menggantungkan penghasilan harian untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Kerja sama antara Bank DBS Indonesia dengan berbagai pihak diharapkan dapat mendorong semakin banyak pihak lain untuk ikut serta membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. “Semangat DBS Group yang dikenal sebagai ‘Stronger Together’ kami terjemahkan melalui tindakan gotong-royong dan berbagi untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita menyalurkan bantuan kepada pekerja harian lepas yang sedang menghadapi tantangan berat selama pandemi Covid-19 ini,” ujar Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, Paulus Sutisna.

“Temasek Foundation memiliki komitmen yang besar untuk meningkatkan ketahanan sosial masyarakat. Dalam situasi yang sulit seperti sekarang ini, semua pihak perlu bahu-membahu dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Bersama Bank DBS Indonesia, Food Bank of Indonesia dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, kami berharap dapat meringankan beban masyarakat dalam menjalani masa-masa sulit ini,” ujar Chief Executive Temasek Foundation International, Benedict Cheong.

Sebagai asosiasi buruh terbesar di Indonesia, Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia memainkan peran penting dalam menjaga kelangsungan buruh di Indonesia. “Kami sangat mengapresiasi dan merasa terhormat dapat dipercaya oleh Temasek Foundation dan Bank DBS Indonesia untuk mendistribusikan bantuan paket sembako dan makanan siap saji kepada para pekerja harian lepas yang kehilangan pendapatan karena situasi pandemi Covid-19,” terang Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia, Elly Rosita Silaban.

Senada dengan itu, Founder Food Bank of Indonesia, Hendro Utomo mengatakan, “Bantuan yang diberikan oleh Temasek Foundation dan Bank DBS Indonesia sangat bermanfaat bagi mereka yang sekarang kehilangan pekerjaannya maupun yang saat ini berkurang peminat dagangannya. Terima kasih juga untuk kepercayaan yang diberikan kepada FOI yang berjuang membuka akses pangan bagi masyarakat terbawah agar mereka mendapatkan hak dasar atas pangan dan bekerja dengan baik. Itu esensi gerakan Mereka Butuh Kita yang kita suarakan. Sebagai tambahan, Food Bank of Indonesia mengontrol kualitas makanan sehingga penyaluran yang dilakukan jaringan relawan adalah sesuai dengan standard operating procedure pencegahan penularan Covid-19.”

Bank DBS Indonesia juga mengajak seluruh nasabah dan karyawan untuk turut ambil bagian dalam penggalangan donasi melalui Yayasan Benih Baik Indonesia, di mana setiap donasi yang diberikan akan digandakan oleh Bank DBS Indonesia maksimal Rp1.000.000/donasi. Donasi yang terkumpul kemudian akan digunakan untuk pengadaan paket sembako kepada pekerja harian lepas melalui KSBSI. Nasabah yang ingin berpartisipasi dapat mengunjungi https://www.benihbaik.com/campaign/dbsdonasi hingga 11 Juni mendatang. Di saat yang bersaman Bank DBS Indonesia juga membuka kesempatan bagi karyawannya untuk memberikan donasi yang akan digunakan untuk tujuan yang sama dimana Bank akan mengandakan donasi tersebut. Rangkaian bantuan yang diberikan oleh Bank DBS Indonesia ini tergabung dalam kampanye “DBS Stronger Together Fund”.

 

Berita Lainnya