PERSIAPKAN GENERASI PINTAR 4.0, FOI – LENOVO BANGUN LAB KOMPUTER DI SDN GANDARIA UTARA 11 PAGI


Jakarta, 24 Mei 2019,- Foodbank of Indonesia (FOI) dan PT Lenovo Indonesia bekerjasama dalam program Lenovo untuk Generasi Pintar yang memfasilitasi anak sekolah untuk menyongsong Industri 4.0 dengan memberikan 18 set perangkat komputer untuk SDN Gandaria Utara 11 Pagi. FOI yang bergerak membuka akses pangan untuk membantu masyarakat juga menyadari bahwa teknologi digital merupakan hal penting bagi anak. Kerjasama ini bertujuan agar Anak Indonesia semakin pintar, berkualitas dan berdaya saing dengan memenuhi kebutuhan pangan dan fasilitas untuk pendidikannya yang sesuai pula dengan slogan Lenovo yaitu People First.

Langkah inspiratif memang tak mengenal batas. Banyak hal bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki kemampuan lebih untuk berbagi akses dengan mereka yang lebih membutuhkan. Konsep inilah yang dibangun oleh Lenovo sejak awal tahun ini bermitra bersama FOI.


FOI yang bergerak membuka akses pangan untuk membantu masyarakat juga menyadari bahwa bukan hanya akses pangan yang terbatas dan masih perlu dibangun seluas-luasnya. Masih banyak anak-anak di sekitar kita yang juga belum mendapatkan akses pendidikan yang baik dan memadai. Bahan pangan yang cukup dan bergizi, sekaligus fasilitas belajar yang baik menjadi dua sisi kebutuhan yang perlu diupayakan. Di sisi lain, pesatnya kemajuan teknologi digital tak bisa ditolak. Termasuk dalam dunia pendidikan. Sudah seharusnya anak-anak peserta didik juga terpapar dengan baik pada teknologi digital yang positif. Hal ini tentu semakin jauh dari harapan bila fasilitas yang diperlukan tidak tersedia.

Memahami kondisi ini, Lenovo bergerak mendukung tersedianya fasilitas bagi peserta didik untuk mengenal dunia digital yang terbuka luas melalui Lenovo untuk Generasi Pintar yang merupakan program Global Month of Service (GMOS) dari Lenovo Foundation (Love On) yang dilakukan serentak secara global yaitu dengan memberikan workshop terkait science, technology, dan education serta pembagian komputer ke sekolah-sekolah sebagai bentuk dukungan Lenovo bagi anak-anak Indonesia yang sesuai juga dengan slogan mereka yaitu People First. Lenovo ikut berkontribusi menyediakan fasilitas tersebut. Kontribusi dilakukan dalam bentuk penyerahan 18 set komputer bagi SDN Gandaria Utara 11, Jakarta Selatan.

Sukini, kepala sekolah SDN Gandaria Utara 11 menyampaikan terimakasihnya kepada Lenovo dan FOI. “Saya bersyukur kami diberi kepercayaan bantuan set komputer ini untuk keperluan proses belajar mengajar guru dan murid-murid di sekolah kami. Tentu kami berharap dukungan fasilitas ini bisa dimanfaatkan secara positif.”ujar Sukini

Direktur HRD Lenovo, Arief Rahman berharap, fasilitas komputer ini akan membantu proses belajar mengajar dengan sebaik-baiknya. Sehingga baik anak-anak maupun para guru juga diharapkan semakin mudah mengeksplorasi bahan belajar melalui teknologi digital. “Kami berharap sumbangan ini berguna untuk memperluas wawasan dan mempertajam daya analisis di era digital. Dengan bertambahnya fasilitas yang tersedia, bekal pendidikan yang memadai pun akan lebih mudah diraih, untuk mendorong meningkatnya prestasi belajar anak Indonesia” harap Arief.

Wida Septarina, Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia, Yayasan yang menaungi FOI, menyambut gembira bantuan komputer untuk sekolah yang selama ini telah dibina FOI dalam program Mentari Bangsaku, yaitu program akses pangan untuk anak sekolah. “Kami telah mendampingi sekolah ini untuk meningkatkan status gizinya selama 3 tahun terakhir dan dengan bantuan Lenovo, kini kita akan melangkah kedepan untuk mendorong keterampilan digital mereka untuk menghadapi persaingan dan menjadi generasi pintar 4.0. Terima kasih Lenovo” ujar Wida.
Penyerahan bantuan dilakukan oleh Direktur Utama Lenovo, Budi Janto dan dilaksanakan dalam momentum Ramadhan penuh berkah, dibarengi dengan silaturahmi berbuka bersama karyawan Lenovo, FOI dan perwakilan sekolah serta relawan FOI.

Sebelumnya, kerjasama Lenovo-FOI telah diawali dengan program RED atau Response Emergency Disaster yang menyasar daerah Sumur di Pandeglang. Lenovo melalui FOI mengupayakan bantuan rehabilitasi beberapa fasilitas pendidikan dan rumah ibadah seperti PAUD, Posyandu dan Masjid. Meski bencana telah berlalu, namun masyarakat setempat masih membutuhkan banyak bantuan untuk dapat pulih kembali.
Mari kita dukung langkah baik Lenovo dalam program Lenovo untuk Generasi Pintar yang akan memperluas eksplorasi belajar-mengajar dengan teknologi digital yang semakin baik bagi anak-anak Indonesia.

Berita Lainnya