Kolaborasi DKPP Bandung-FOI Bantu Pedagang Pasar Tradisional, Upaya Kurangi Sampah Makanan

Bandung, 29 Desember 2022, Foodbank of Indonesia (FOI) menyerahkan bantuan pangan berupa paket sembako untuk 26 pedagang di Pasar Cihapit yang menjadi mitra program Peta Jalan Pangan (PJP). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Pasar Cihapit dan Sub Koordinator Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung sebagai mitra pemerintah FOI dalam menjalankan program PJP. Penyerahan bantuan pangan ini adalah acara simbolis dimulainya program bantuan pangan dan pendampingan dari FOI untuk para pedagang pasar tradisional yang berkomitmen menyediakan dan menjual pangan yang aman di Kota Bandung.

Sub Koordinator Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Imam Setiyadi dalam sambutannya mengatakan bahwa hingga sekarang, geliat perekonomian di Pasar Cihapit belum pulih sejak dihantam pandemi. “Hampir semua pedagang merasakan hal yang sama, penjualan dan pendapatan tak sebaik dulu. Saya mengucapkan terima kasih kepada FOI karena bantuan pangan seperti ini tentu bermanfaat untuk para pedagang,” ujarnya. Lebih dari itu, Imam berharap bahwa program Peta Jalan
Pangan juga berlanjut dengan pendampingan yang dibutuhkan pedagang untuk memperlancar bisnisnya, seperti edukasi pemasaran digital.

Kepala Pasar Cihapit, Dewi Wulansari mengatakan hal serupa. Yang paling dibutuhkan para pedagang pasar tradisional saat ini yang sebagian bisnisnya menurun akibat pandemi adalah kemampuan untuk memperluas pemasaran mereka. “Dari awal saya sangat mendukung dan mengapresiasi program Peta Jalan Pangan ini, karena tujuannya adalah mendampingi para pedagang untuk mengembangkan bisnisnya,” ujar Dewi.

Para pedagang yang datang pada kesempatan itu pun menyambut baik adanya bantuan pangan yang diberikan, “Alhamdulillah, tentunya sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Semoga program ini berkelanjutan,” ujar Martin, pedagang daging segar di yang menjadi mitra program Peta Jalan Pangan.

Wida Septarina, Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia yang menjadi perwakilan FOI, menyerahkan bantuan pangan kepada dua orang perwakilan pedagang Pasar Cihapit. “Melalui program Peta Jalan Pangan, tujuan FOI adalah mendorong kemakmuran dan memerangi kelaparan. Bantuan pangan dan pendampingan adalah upaya mendorong kemakmuran para pedagang, selain itu kami mendorong kelebihan pangan dari pasar didonasikan untuk diolah menjadi makanan yang dibagikan untuk memerangi kelaparan masyarakat rentan,” terangnya.

Peta Jalan Pangan (PJP) adalah program bantuan dan pendampingan untuk pedagang pangan segar dan kuliner untuk menyediakan pangan yang ASLI (Alami, Sehat, Lezat dan Istimewa) dan berdaya saing. Dengan penyerahan bantuan pangan yang dilakukan di Pasar Cihapit, harapannya menjadi awal dimulainya program di pasar-pasar tradisional lain di 5 provinsi yang sudah berjejaring dengan FOI, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Tentang Foodbank of Indonesia


Foodbank of Indonesia merupakan organisasi sosial yang hadir untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat. Dalam praktiknya, FOI menjadi jembatan antara masyarakat yang berlebihan makanan dengan masyarakat yang membutuhkan. Karenanya, FOI mendorong pencegahan kemubaziran pangan (food waste) sekaligus mendorong pemanfaatan pangan berlebih yang berpotensi menjadi food waste untuk mencegah kerawanan pangan serta peningkatan gizi masyarakat. FOI juga mendukung negara dalam mencapai kedaulatan pangan seperti yang ditargetkan oleh SDGs (Sustainable Development Goals) nomor 2 yaitu untuk mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, memperbaiki nutrisi dan mempromosikan pertanian yang berkelanjutan. Selain itu, FOI juga mendukung tercapainya SDGs nomor 12 yaitu pola produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab.


Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :
Wida Septarina
Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia
0811-143-654
wida@foodbankindonesia.org
website FOI : www.foodbankindonesia.org

Berita Lainnya