Kolaborasi Foodbank of Indonesia – Kraft Heinz hasilkan #ABCDapurBersamaIbu untuk memberikan kehangatan Ramadhan lewat masakan ibu

Jakarta, 19 Maret 2023, Foodbank of Indonesia Bersama Kraft Heinz Company resmi meluncurkan kegiatan #ABCDapurBersamaIbu yang di hadiri langsung oleh Miguel Patricio selaku Global CEO Kraft Heinz, Steven Debradebere selaku Managing Director Kraft Heinz, dan Frederico F Jardim selaku Asia President Kraft Heinz, dari FOI sendiri dihadiri langsung oleh M.Hendro Utomo selaku Founder & CEO Foodbank of Indonesia dan juga Wida Septarina selaku Co-Founder Foodbank of Indonesia.

Rangkaian kegiatan ini juga turut diramaikan oleh moms community dari FOI yang melakukan cooking demo menggunakan rempah-rempah asli berkualitas guna mendukung kampanye FOI dalam Dapur Mustikarasa untuk mengajak kembali para ibu memasak menggunakan rempah-rempah asli Indonesia. “hmmm it smells so good, thank you very much for supporting this activity.” Ucap Miguel Patricio, Global CEO Kraft Heinz.

Ini menunjukan keseriusan dan rasa terima kasih Miguel Patricio dalam mendukung penuh kampanye penggunaan rempah untuk ibu dalam memasak

Kolaborasi ini akan berlangsung selama periode 23 Maret hingga 19 April 2023 dengan membawa misi untuk merayakan serta memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesame, terutama melalui masakan special dari ibu, yang khusus disiapkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat rentan disekitar kita.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu melibatkan lebih dari 800 relawan ibu dan lainnya melalui 133 dapur komunitas ibu, termasuk 98 dapur bersama dan 35 warteg yang setiap harinya para relawan akan menyiapkan masakan untuk sahur dan berbuka.

Pendistribusian makanan akan dilakukan secara terstruktur menggunakan 6 unit food-van di lebih dari 125 titik distribusi di 27 kota tersebar serta 12 provinsi yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali hingga Sulawesi

Surabaya, 8 April 2023, Setelah peluncuran di Jakarta pada 19 Maret 2023 lalu, press conference #ABCDapurBersamaIbu juga telah sukses dilakukan di kota Surabaya, dengan membawa misi yang sama, yaitu merayakan serta memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesama melalui masakan spesial dari ibu.

Surabaya turut menjadi bagian dari Gerakan ini dengan total mendistribusikan hingga 14.000 paket makanan siap santap melalui pergerakan 10 dapur dengan lebih dari 100 relawan. Ada cerita menarik dari kota Surabaya yang dating dari salah seorang relawan Bernama Ibu Sri yang merupakan relawan aktif Foodbank of Indonesia sejak 2 tahun yang lalu. Beliau ingin turut ikut andil dalam Gerakan #ABCDapurBersamaIbu karena mempunyai harapan agar ketiga anaknya yang merantau juga mendapatkan kehangatan yang sama dengan yang dia berikan ke orang-orang disekitar wilayahnya selama bulan Ramadhan ini.

Cerita diatas menunjukan salah satu bukti bahwa pergerakan ibu yang dilakukan untuk kegiatan Dapur Mustikarasa ini memang benar dari cinta dan ketulusan ibu yang dihadirkan melalui gerakan #ABCDapurBersamaIbu di 133 dapur pangan FOI.

Yogyakarta, 11 April 2023, Setelah peluncurannya di Jakarta dan Surabaya pada pertengahan Maret dan awal April lalu kini Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir di Yogyakarta dan sekitarnya, dengan membawa misi yang sama, yakni untuk merayakan serta memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesama, terutama cinta yang ditunjukkan melalui masakan spesial dari ibu, yang khusus disiapkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat rentan di sekitar kita.

Dalam implementasinya di Yogyakarta dan sekitarnya, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu melibatkan lebih dari 84 anggota komunitas ibu dan relawan pendukung, yang  akan berkolaborasi dengan 7 dapur komunitas ibu (mom’ community kitchen), untuk membantu memasak dan membagikan 14.000 paket makanan Sahur dan buka puasa melalui 21 titik pendistribusian, mencakup wilayah Yogyakarta, Bantul, dan Sleman.

Niken Sekarmelati, Brand Manager Beverage Kraft Heinz Indonesia, menjelaskan: “Gerakan #ABCDapurBersamaIbu terinspirasi dari nilai kehangatan cinta ibu. Di momen Ramadan, peran ibu dalam menyiapkan berbagai hidangan terbaik, dari mulai makan Sahur hingga berbuka puasa bagi keluarga merupakan sebuah bentuk cinta yang nyata. Bahkan, kebesaran cinta ibu ini juga tergambar nyata lewat hadirnya berbagai dapur komunitas relawan ibu di sekitar kita, dimana mereka tidak pernah lelah untuk memberikan waktu dan tenaganya bagi sesama. Melalui Gerakan #ABCDapurBersamaIbu, kami ingin meneruskan inspirasi nilai cinta yang sama menjadi sebuah gerakan kemanusiaan yang lebih luas.”

Mewaliki relawan ibu, Susi menambahkan: “Rasanya sangat senang dapat berpartisipasi dalam gerakan #ABCDapurBersamaIbu dengan menggerakan relawan di 7 dapur pangan wilayah Yogyakarta untuk mendistribusikan 14.000 paket makanan sahur dan buka puasa kepada masyarakat yang membutuhkan. Saya berharap gerakan ini dapat mendorong para Ibu di Yogyakarta untuk terus memasak untuk keluarga dan masyarakat sekitar kita.”

Secara total nasional, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu akan berlangsung selama periode 23 Maret hingga 19 April 2023, mendistribusikan 125.000 paket makanan dengan melibatkan lebih dari 800 relawan ibu dan lainnya melalui 133 dapur komunitas, termasuk di dalamnya 35 warteg, dimana setiap harinya mereka akan menyiapkan masakan Sahur dan buka puasa untuk dibagikan kepada kelompok masyarakat rentan, diantaranya: kaum papa, lansia, hingga keluarga pemulung  di lebih dari 125 titik distribusi di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi. Pendistribusian makanan akan dilakukan secara terjadwal menggunakan 6 unit mobil pangan (food-van) yang akan beroperasi setiap harinya.      

Berita Lainnya