Qurban Hingga Pelosok

Qurban Hingga Pelosok merupakan program tahunan Foodbank of Indonesia dalam menyalurkan hewan qurban ke daerah pelosok pada saat momentum Hari Raya Idul Adha. Melalui Qurban Hingga Pelosok, FOI ingin mengajak masyarakat untuk meningkatkan gizi anak-anak di pelosok desa melalui pemenuhan protein hewani, juga berbagi kebahagiaan dan kenikmatan daging qurban dengan  keluarga di pelosok yang jarang bahkan belum pernah menikmatinya

0
Kambing tersalurkan
0
Sapi tersalurkan
0
KK terbantu
0
Daerah

Kisah di Balik Qurban Hingga Pelosok

Testimoni QHP

Qurban Hingga Pelosok sudah dilakukan FOI sejak tahun 2015 dan menjadi program tahunan rutin disaat momen Hari Raya  Idul Adha.

Di perkotaan, daging-daging qurban melimpah ruah, warga bisa menyimpan dan makan daging qurban hingga berhari-hari. Mengutip dari riset IDEAS di tahun 2020, Jabodetabek merupakan pasar utama kurban terbesar di Indonesia dan secara pendistribusian mengalami surplus sampai 24.000 ton daging kurban yang berputar di area yang sama. Oleh karenanya, ada ketimpangan daging qurban di perkotaan dan pedesaan.

Di pedesaan, hanya ada 1-2 ekor hewan qurban saja bahkan ada yang tidak ada sama sekali.  Anak-anak dan keluarga pelosok jarang sekali menikmati daging qurban, bahkan ada yang baru pertama kali menikmatinya.

Karena itu, masyarakat khususnya anak-anak pedesaan kurang dalam konsumsi protein hewani. Bagi mereka, daging adalah makanan istimewa yang sulit dijangkau. Daging sebagai protein hewani memiliki asam amino esensial yang lebih lengkap dibandingkan protein nabati, yang peranannya penting dalam perkembangan dan pertumbuhan anak.

Untuk menciptakan Generasi Indonesia yang tangguh, tentunya, balita dan anak-anak di pelosok desa juga perlu mendapat protein hewani yang cukup.

Laporan Qurban Hingga Pelosok

Previous
Next
Previous
Next

Qurbanmu, Lentera Harapan di Pelosok Negeri

Daftar Qurban 1444H / 2023

Idul Adha menjadi momen yang paling ditunggu oleh anak-anak dan keluarga di daerah pelosok. Perayaan yang dilakukan satu tahun sekali ini merupakan waktu yang yang selalu mereka harapkan untuk dapat merasakan dan mengonsumsi daging yang selama ini jarang didapat.

Yuk berikan mereka kesempatan untuk menikmati daging qurban bersama FOI (Bank Pangan Indonesia)

Program Lainnya

PJK-Peta Jalan Kuliner

Platform yang membantu konsumen untuk menemukan sumber pangan lokal yang aman di sekitarnya dan sebagai wadah untuk membantu pedagang dalam

Detail

MB – Mentari Bangsaku

Mendukung proses belajar anak-anak PAUD hingga SD untuk tumbuh dan belajar dengan baik dengan pemberian makanan sehat agar mereka menjadi mentari-mentari bangsa.

Detail