SADARI – Sayap Dari Ibu

Relawan dan Bidan Puskesmas di wilayah Banyuwangi

Sayap dari Ibu adalah program membantu para ibu membuka akses pangan yang baik dan bergizi bagi anak-anaknya sehingga mampu terbang mencapai impiannya. Program ini dilakukan dengan intervensi pangan kepada anak-anak usia 0-5 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui, serta pemberian pendidikan dan pendampingan bagi anak, orang tua anak dan pengasuhnya, para kader dan pimpinan pemerintah setempat untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan yang kemudian dapat mempengaruhi perilaku. Pada kuartal pertama tahun 2020, program Sadari telah berjalan di tujuh wilayah, yaitu Kulonprogo, Wonosobo, Grobogan (Kampung Anak Sejahtera bekerjasama dengan KPPPA), Subang (Harapan Anak Negeri bekerjasama dengan bekerjasama dengan PT. Papertech Indonesia), Banyuwangi dan Bali (Sejuta Asa Anak Bahari bekerjasama dengan PT. ASDP Indonesia Ferry), serta Bontang (Asa untuk Selambai bekerjasama dengan PT. Kaltim Nitrat Indonesia).

Selama periode program, dilaksanakan pula edukasi dan pelatihan kepada relawan, orang tua peserta program, dan remaja sebagai bentuk peningkatan kapasitas yang terkait dengan pangan, gizi dan kesehatan, Pelatihan Penguatan Keluarga dan Pengasuhan Anak, Pelatihan Pengolahan makanan berbasis Pangan Lokal, serta Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi remaja atau dewasa muda. Kegiatan ini banyak menitikberatkan pada pola asuh orangtua yang baik, terutama pada perilaku dan praktek pemberian makan pada anak, juga pemahaman gizi seimbang. Program ini memberikan hasil peningkatan status gizi pada balita peserta program serta perubahan perilaku makan dan sosial kearah yang lebih baik. Dengan adanya program ini diharapkan kelak anak-anak dapat memiliki sayap untuk terbang tinggi menggapai cita-cita.

Jangkauan Program

Tujuan Program

  1. Membuka akses makanan tambahan kepada ibu dan anak dari semua golongan terutama golongan rentan
  2.  Mendorong preferensi makanan pada anak menjadi lebih positif 
  3. Mengenalkan makanan lokal pada anak-anak
  4. Meningkatkan peran keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak melalui peningkatan pengetahuan dan pemahaman terkait pangan, gizi, dan pengasuhan

Sasaran Penerima

  • Ibu hamil dan menyusui yang mengalami Kurang Energi Kronis (KEK)
  • Baduta dengan status gizi BB/U kurang dan buruk dan atau status gizi TB/U pendek dan sangat pendek

Kriteria Program

Pendampingan/CSR

Program dilaksanakan secara rutin yaitu pemberian makanan tambahan +- 3 kali/minggu dan pemantauan status gizi penerima manfaat. Program dilaksanakan dengan bantuan dana dari CSR perusahaan.

Bantuan Pangan

Program yang dilaksanakan berupa pendistribusian bantuan pangan melalui lembaga penerima manfaat yang telah terdaftar. Program dilaksanakan dengan bantuan pangan dari donatur.

Edukasi Massa

Program yang dilaksanakan berupa edukasi secara rutin melalui media komunikasi kepada target sasaran. Konten edukasi terutama mengenai pangan dan pentingnya pemenuhan pada 1000 HPK.

Program Lainnya

Qurban Hingga Pelosok

Qurban Hingga Pelosok merupakan program tahunan Foodbank of Indonesia dalam menyalurkan hewan qurban ke daerah pelosok pada saat momentum Hari

Detail

PJK-Peta Jalan Kuliner

Platform yang membantu konsumen untuk menemukan sumber pangan lokal yang aman di sekitarnya dan sebagai wadah untuk membantu pedagang dalam

Detail